Pengertian Las Atau Welding

Nino's Blog - Pengertian Las Atau Welding.
Ilustrasi Gambar Las
Dalam tulisan sebelumnya, Nino mengatakan ingin membuat alat las menggunakan trafo bekas. Namun sebelum Nino mewujudkan keinginan itu, alangkah baiknya kalo Nino tahu dulu apa itu las atau welding, sehingga nantinya apa yang Nino buat bisa sesuai atau setidaknya mendekati dengan apa yang Nino butuhkan. Jadi apa sih las itu?

Pengertian Las atau Welding secara umum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah cara menyambung besi dengan cara membakar. Menurut Nino pengertian tersebut masih kurang jelas sih, karena belum mampu menjelaskan apa yang dimaksudkan dari las itu sendiri. Dan ternyata benar ada beberapa versi dari pengertian las, namun jika disimpulkan pengertian las adalah proses penyambungan dua atau lebih bahan logam dengan menggunakan energi panas atau kalor.

Kakak-kakak tahu apa perbedaan dari dua definisi diatas? Yup, perbedaan yang paling utama adalah "besi" dan "logam". Karena memang las tidak hanya dipakai untuk menyambung besi, namun juga banyak dipakai untuk menyambung bahan dari golongan logam lainnya seperti aluminium, tembaga, titanium dan lain-lain. Sehingga menggunakan kata "logam" akan lebih tepat untuk definisi las.

Selain itu penggunaan kata "membakar" pada definisi KBBI menurut Nino juga kurang pas, karena kata membakar bisa diartikan menggunakan bara api dari pembakaran bahan lain. Sedangkan kita tahu tidak semua las menggunakan bara api, jadi menggunakan istilah "menggunakan energi panas" akan lebih tepat. Karena energi panas tidak hanya dihasilkan dari api. Contohnya las gesek dan las plasma.

Pengertian Pengelasan. Nah jika kita sudah tahu tentang definisi dari las maka sekarang kita definisikan apa itu pengelasan. Pengelasan adalah kegiatan penyambungan logam dengan cara dipanaskan dengan atau tanpa menambahkan logam pengisi. Loh kok tidak ada kata logam cair pada definisi tersebut? Ya itu karena Nino sedikit memodifikasi definisi yang sudah ada (agar mudah Nino pahami), karena dari yang Nino temukan tidak semua proses las melalui fase pencairan logam, contohnya adalah las gesek dan las tekan.

Setelah membaca uraian singkat diatas, Nino harap kita bisa lebih tahu tentang apa itu las, dan kegiatan yang seperti apa yang masuk dalam kategori pengelasan. Pada tulisan berikutnya, Nino akan berusaha untuk menjelaskan macam-macam las dan fungsinya.

Terimakasih atas kunjungannya di blog amatiran Nino ini. Jika sekiranya info yang didapat disini bermanfaat, mohon bantuan share-nya ya kakak ๐Ÿ˜Š.. Terimakasih.. Salam...

Comments

Popular posts from this blog

Tabel Ukuran Kawat Berdasarkan Kuat Arus Listrik

Kenapa Listrik Rumah Menggunakan Arus Bolak-Balik (AC)?

Bagian-Bagian Transformator Dan Fungsinya